Motor Suzuki Matic Terbaru MengUji Skuter Bertenaga Hidrogen

Teknologi sel bahan bakar dengan bahan bakar hidrogen tak hanya untuk mobil. Skuter pun bisa mengadopsi teknologi itu.

Baru-baru ini, Suzuki mengajukan perizinan ke Japan Traffic Management Technology Association untuk menguji skuter sel bahan bakar di jalan umum. Perizinan itu pun telah disetujui.

Skuter sel bahan bakar yang digunakan Suzuki adalah Burgman. Pabrikan asal Jepang itu membuat Burgman Fuel Cell sebagai kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Motor Suzuki Matic Terbaru MengUji Skuter Bertenaga Hidrogen


Suzuki Burgman Fuel Cell mengambil basis dari Burgman 200. Tapi, skuter itu telah dibekali sel bahan bakar berpendingin udara yang ringkas dan ringan.

Skuter ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar hidrogen 700 bar. Motor bertenaga tinggi akan memutar roda belakang. Motor tersebut menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan dari sel bahan bakar. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 4,5 kW dengan torsi maksimal 23 Nm. Walhasil, kecepatan tertingginya bisa mencapai 75 km/jam.

Skuter ini juga menggunakan sistem hybrid berbasis baterai lithium ion sekunder. Karenanya, skuter ini pun mampu menjangkau jarak hingga 120 km dengan kecepatan dibatasi sampai 60 km/jam.